09 Januari 2009

Janji Allah Kepada Orang Mukmin

Salah satu nilai penting yang mesti diperhatikan dan ditumbuhkan adalah meningkatkan kualitas iman, karena peningkatan iman akan berpengaruh pada kualitas taqwa. Di dalam Al-Qur'an ayat-ayat taqwa diserukan kepada orang mukmin, hamba Allah yang beriman, "Ya ayyuhal ladziina aamanut taqullaaha. baru diikuti perintah yang lain yang terkait dengan nilai-nilai taqwa itu sendiri (Lihat Ali-Imran: 102; Al-Ahzab: 70-71; Al-Hasyr: 18; Al-Anfaal: 29).

Demikian karena nilai taqwa memang merupakan perwujudan total dan kesempurnaan iman seseorang, yakni mencakup hati, lisan, dan amal perbuatan. Sebagaimana salah pengertian iman adalah..."tashdiiqu bil qalbi, iqraaru bil lisaani, wa'amalu bil arkaan... meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dalam perbuatan...." Dalam pemahaman yang mendalam bahwa orang mukmin mestinya senantiasa mengingat ikrarnya dengan Allah (mu'ahadah), selalu merasa diawasi Allah dimanapun berada (muraqabah), mengadakan koreksi diri dalam setiap langkah-langkahnya (muhasabah), menghukun diri bila lalai dari amal shalih (mu'aqabah), dan terus-menerus meningkatan kualitas diri dengan upaya yang sungguh-sungguh dan optimal (mujahadah). Inilah nilai-nilai iman yang menyatu dalam ketaqwaan sehingga makin mengukuhkan dan menyempurnakan. Dan orang-orang mukmin muttaqin inilah yang layak mendapat karunia Allah, kebaikan fid dunya wal akhirah.

Sebagaimana dipaparkan dalam Al-Qur'an bahwa Allah memberi karunia yang sangat banyak kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, di antaranya:
  1. Kemenangan atas musuh-musuh mereka
    "Dan menjadi kewajiban kami untuk menolong orang-orang yang beriman" (Ar-Ruum: 47).

  2. Membela orang-orang mukmin
    "Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman" (Al-Hajj: 38).
  3. Menjadi wali orang-orang mukmin
    "Allah pelindung orang-orang yang beriman" (Al-Baqarah:257).
  4. Memberi petunjuk kepada mereka
    "Dan sesungguhnya Allah adalah memberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus" (Al-Hajj: 54).
  5. Menjamin bahwa orang-orang kafir tidak akan bisa menguasai mereka
    "Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman" (An-Nisaa': 141).
  6. Menjadikan mereka khalifah di muka bumi
    "Allah telah berjanji kepada orang-orang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal shalih, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa , dan sungguh Dia meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentosa" (An-Nuur: 55).
  7. Memberikan rezeki yang baik, Allah Azza wa Jalla berfirman,
    "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.
  8. Memberikan kekuatan
    "Padahal kekuatan itu hanyalah milik Allah, Rasul-Nya dan orang-orang mukmin" (Al-Munafiqun: 8).
  9. Kehidupan yang baik
    "Barang siapa mengerjakan amal shalih baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sungguh kami akan memberikan mereka kehidupan yang baik" (An-Nahl:97).
  10. Balasan Jannah
    "Sungguh bagi orang-orang yang beriman dan beramal shalih bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan. Mereka kekal didalamnya, sebagai janji Allah yang benar. Dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (Luqman: 8-9).


dikutip dari:
Materi Ceramah Ramadhan dan Umum
Abu Izzuddin

Tidak ada komentar: